Eksplorasi Etnomatematika Konsep Operasi Hitung dalam Permainan Tradisional Kempreng
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat dalam permainan tradisional Kempreng. Permainan tradisional Kempreng dimainkan oleh anak-anak berusia 6 hingga 15 tahun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Permainan tradisional Kempreng (Kempyeng, dalam bahasa jawa) adalah permainan tradisional yang menggunakan tutup botol minuman yang terbuat dari besi sebagai alat permainan. Terdapat 3 tahapan yang harus dilalui oleh pemain, dalam memaminkan permainan ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan alat dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahapan kedua terdapat suatu konsep matematika berupa empat prinsip penghitungan dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pembelajaran dalam menanamkan konsep operasi hitung dasar pada bilangan melalui permainan tradisional kempreng ini dapat memunculkan rasa kepekaan sosial, keterampilan dan kreativitas siswa untuk dapat memenangkan permainan ini. Sehingga guru dapat merancang desain pembelajaran konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian melalui permainan tradisional kempreng.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setaiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1), 85–94.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Marzoan, & Hamidi. (2017). Permainan Tradisional sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Journal An-nafs, 2(1), 62–82.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Mosimege, M., & Ismael, A. (2004). Ethnomathematical Studies on Indigenous Games: Examples From Southern Africa. Icme-10, 14, 119–137.
Muzdalipah, I., & Yuliaanto, E. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika untuk Siswa SD Berbasis Aktivitas Budaya dan Permainan Tradisional Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Siliwangi, 1(1), 63–74.
Nofrianto, A. (2015). Etnomathematics (Mathematical Concepts in Minangkabau Traditional Game). The International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology (ICOMSET), February, 1–4.
N.S., S. (2010). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Risdiyanti, I., Charitas, R., & Prahmana, I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives Volume, 2(1), 1–11.
Santrock, J. W. (2010). Educational Psycology, Edisi 5. McGraw-Hill Company, Inc.
Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119–128.
Tatira, B., Mutambara, L. H. N., & Chagwiza, C. J. (2012). The Balobedu Cultural Activities and Plays Pertinent to Primary School Mathematics Learning. International Education Studies, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v5n1p78
Yusuf, M. W., & Saidu, I. (2010). ETHNOMATHEMATICS (A Mathematical Game in Hausa Culture). Sutra: International Journal of Mathematical Science Education, 3(1), 36–42.
Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomatematics Exploration in Traditional Games as A Form of Students’ Social Interaction. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 125–132.
Zayyadi, Moh. (2015). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40.
Zhang, W. & Q. Z. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151–157.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.10025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: Suska Journal of Mathematics Education
Published by:
FLAG COUNTER